13 TANDA YANG AKAN TERJADI KETIKA ANDA TIDAK MENGKONSUMSI AIR PUTIH SECUKUPNYA

Tidak banyak minuman di dunia ini yang lebih menyegarkan daripada secangkir air putih. Terkadang saya tidak bisa berpikir ada orang hidup di dunia yang menyangkal bahwa secangkir kopi atau sekaleng soda lebih memuaskan daripada secangkir air putih.

Meskipun demikian, banyak dari kita yang tidak mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap hari. Dengan menghindari diri kita dari sumber daya yang paling alami di dunia, kita tentu merusak tubuh. Jika anda telah mengalami salah satu dari daftar dibawah ini, anda dapat memperbaiki tubuh anda dengan memulai mengkonsumsi air putih secukupnya setiap hari.

1. Mulut anda akan kering

Hal ini tampak cukup jelas, tetapi konsekuensinya tidak mungkin seperti itu. Tentu saja, saat anda jarang mengkonsumsi air putih maka anda akan merasakan mulut yang lengket dan perasaan yang tak nyaman di sekitar mulut.

Apabila anda lebih memilih minuman manis, maka perlu diketahui bahwa minuman manis hanyalah solusi sementara untuk masalah yang lebih besar. Air putih dapat melumasi membrane mukosa di mulut dan tenggorokan dan akan terus menjaga mulut anda agar tetap basah dengan memproduksi air liur.

2. Kulit anda akan kering

Kulit adalah organ terbesar tubuh anda, dan tentu saja kulit perlu untuk tetap terhidrasi. Bahkan kulit kering adalah salah satu tanda awal jikalau tubuh anda dehidrasi yang tentunya dapat menyebabkan masalah yang lebih besar.

Kurangnya air didalam tubuh berarti mengurangkan keringat yang keluar dari kulit sehingga mengarah ke ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan kotoran dan akumulasi minyak sepanjang hari. Jika anda ingin mencegah jerawat maka jalan pertama yang harus anda tempuh adalah mengkonsumsi air dengan secukupnya.

3. Anda terlalu haus

Setelah mulut anda berasa kering, maka rasa haus akan menyerang lidah anda. Apabila anda seorang pemabuk berat, setiap bangun tidur pastinya tubuh anda tidak akan mendapatkan cukup air. Alkohol akan mendehidrasikan seluruh tubuhmu dan tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak agar menyuruh tingkat cairan didalam tubuh anda kembali ke dasar. Dengarkan apa yang tubuh anda minta.

4. Mata anda akan kering

Sekarang sudah semakin jelas bukan jika air minum tidak hanya mempengaruhi mulut dan tenggorokan. Kurangnya asupan air didalam tubuh akan menyebabkan mata memerah. Tanpa air didalam tubuh, saluran air mata anda akan mengering sehingga anda mungkin tidak bisa menangis lagi. Hal ini dapat membuat dampak yang sangat berbahaya, terutama jika anda sering memakai kontak lens setiap hari.

5. Anda akan mengalami nyeri sendi

Tulang rawan dan tulang punggung kita terdiri dari air sekitar 80%. Ini merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang kita dari gesekan satu sama lain dengan setiap langkah yang kita ambil. Dengan menjaga tubuh anda dari dehidrasi, anda dapat memastikan bahwa tiap sendimu dapat menghadapi gerakan tiba-tiba yang mungkin mengejutkan mereka seperti berlari, melompat atau terjatuh.

6. Massa otot anda akan semakin menyusut

Seluruh otot anda sebagian besar terdiri dari air. Ini jelas bahwa sedikit air didalam tubuh berarti massa otot akan semakin berkurang. Minumlah air sebelum, selama dan setelah latihan; hal ini tidak hanya membuat anda terhidrasi dan nyaman namun juga membawa air mengalir ke tempat yang tepat didalam tubuh anda serta mengurangi kesempatan tubuh untuk mengembangkan radang dan nyeri yang terkait dengan latihan beban atau angkat besi.

7. Anda akan mudah jatuh sakit

Mengkonsumsi air memungkinkan tubuh anda untuk membuang racun-racun yang terdapat didalam tubuh. Organ anda akan bekerja untuk menyaring limbah tertentu layaknya seperti mesin, tetapi jika anda tidak memberikan bahan bakar mesin tersebut dengan air putih secukupnya, maka mereka tidak dapat bekerja dengan baik.

 border=

Yang terjadi selanjutnya ketika tubuh mengalami dehidrasi adalah organ akan mulai menarik air dari daerah yang tersimpan yaitu darah, sehingga menghasilkan satu masalah baru. Bisa ditebak yang terjadi di babak berikutnya, anda sakit.

8. Anda gampang merasa lelah dan lesu

Saya jelaskan sekali lagi bahwa ketika tubuh mengalami dehidrasi, organ akan “meminjam” air dari darah anda. Kurangnya air didalam darah akan menyebabkan kurangnya oksigen yang akan dibawa ke seluruh tubuh. Tentu saja kekurangan oksigen akan menyebabkan anda mengantuk dan mengalami kelelahan.

Kurangnya stamina akan menyebabkan anda tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan dalam jangka panjang. (Ingat jika kopi tidak dapat membantu anda dalam masalah ini).

9. Anda akan mudah lapar

Ketika tubuh anda mengalami dehidrasi, anda akan mulai berpikir jika anda perlu mengkonsumsi beberapa makanan. Hal ini akan terjadi disepanjang hari dan ketika momen ini terjadi di malam hari, maka anda akan bangun hanya untuk mengkonsumsi makanan ringan.

Namun ketika anda makan, hal itu akan membuat banyak pekerjaan untuk tubuh anda, sedangkan air minum akan ditahirkan tubuh oleh organ tubuh sehingga persediaan dan bahan bakar yang dibutuhkan tubuh pergi melalui proses lainnya.

10. Anda akan mengalami masalah pencernaan

Saya pernah berbicara sebelumnya tentang air liur di mulut dan tenggorokan kita, serta bagaimana caranya untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi sehingga memingkinkan membrane untuk berfungsi dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk seluruh sistem percernaan.

Tanpa hidrasi yang tepat, jumlah dan kekuatan air liur di lambung akan berkurang sehingga memungkinkan asam lambung untuk mengikis perut anda. Hal inilah yang menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan.

11. Anda akan mengalami sembelit

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, apabila tubuh terhidrasi maka hal tersebut akan membantu melumasi sistem pencernaan. Selama proses dehidrasi, usus besar akan menggunakan air yang akan digunakan oleh usus pada langkah berikutnya dari proses pencernaan. Tanpa memberikan terlalu banyak detail, saya akan membiarkan anda mencari tahu sendiri apa yang terjadi ketika cairan pelumas didalam usus berkurang.

12. Anda akan mengalami kurangnya buang air kecil

Percaya atau tidak, jika anda tidak pergi ke toilet selama 4-7 kali sehari, itu berarti tubuh anda tidak mencukupi kebutuhan air putih. Dan ketika anda pergi pertama kali ke toilet, air seni anda akan berwarna kuning. Jika air seni anda berwarna kuning gelap, itu berarti tubuh memberitahu anda jika tubuh mengalami dehidrasi.

Dalam kasus yang serius, dehidrasi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika hal ini sudah terjadi, maka anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

13. Anda akan mengalami penuaan

Jumlah air didalam tubuh kita akan mempertahankan secara alami kasus penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, kita harus sadar untuk meningkatkan asupan air didalam tubuh kita. Penuaan akan terlihat jelas di luar, namun dengan mengkonsumsi air secukupnya, organ bagian dalam tubuh kita tidak akan mengalami kerusakan seiring bertambahnya usia. Untuk mengurangi resiko penyakit di masa tua anda, adalah hal penting untuk mengkonsumsi air disepanjang hidup anda.